Rabu, 26 Maret 2014

Kerugian Investor Atas Penipuan Investasi Bernard Madoff Mencapai $64,8M


Kerugian Investor Atas Penipuan Investasi Bernard Madoff Mencapai $64,8M

Demi memperoleh banyak uang, seseorang bisa melakukan apapun bahkan dengan bermain ‘kotor’ sekalipun.  Tak heran, beberapa pengusaha maupun pribadi rela mengambil risiko guna meraup harta miliaran rupiah, salah satunya dengan menipu.  Seperti dilansir dari Forbes, Jumat (2/8/2013), melakukan skandal penipuan uang dikenal berisiko tinggi, tapi jika berhasil bisa sangat menguntungkan pelakunya.

Kasus peniupuan yang dilakukan Bernard L Madoff ini bermula saat ia mendirikan firma Bernard L. Madoff Investment Securities LLC di Wall Street pada tahun 1960, serta menyandang jabatan ketua hingga ditahan pada tanggal 11 Desember 2008. Selama ini, reputasinya perusahaan investasinya amat bagus, karena memberikan keuntungan yang tinggi bagi para investornya. Dengan reputasi yang bagus itu ia  membolehkan para investor termasuk badan amal Yahudi menyimpan miliaran dolar uang kepadanya. Firma Madoff merupakan salah satu bisnis penggerak pasar terbesar di Wall Street (keenam terbesar pada tahun 2008).  Perusahaan tersebut juga mempunyai bagian pengurusan investasi dan nasihat yang menjadi tumpuan taktik penipuan.

Akan tetapi kejahatan yang dilakukan perusahaan ini mulai terbongkar saat krisis finansial AS tahun 2008. Badai krisis turut menerpa bisnis perusahaan investasi Madoff, sehingga perusahaan ini tidak lagi bisa memberikan keuntungan kepada investornya. Bahkan kemudian diketahui semua dana investasi lenyap. Total dana investasi yang lenyap diperkirakan sebesar $50M.

Pada hari Senin (24/3/2014) Pengadilan di Manhattan, New York yang mengembangkan kasus penipuan ini menerima pengaduan dari pihak penuntut yang diperkirakan jumlah kerugian bertambah menjadi $64,8M, berdasarkan jumlah dalam laporan yang dipegang oleh 4.800 nasabah Madoff pada tanggal 30 November 2008.

Madoff mengakui bahwa, pada tanggal 10 Desember 2008, ia mengaku kepada anak-anaknya jika bagian pengurusan aset firmanya merupakan suatu skema Ponzi yang besar, dalam kata lain “suatu penipuan yang besar.”  Pengumuman ini pun diserahkan kepada pihak berwenang. Pada hari kemudiannya, agen Federal Bureau of Investigation (FBI) menahan Madoff lalu menuduhnya dengan dugaan penipuan sekuritas. Saat ini Bernard Madoff telah ditahan dan akan menghabiskan masa hukuman 150 tahun yang dituntut kepadanya.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar